Pemerintah Menggunakan Langkah Tegas untuk Mengatasi Kelambatan Impor Gula

by -111 Views
Pemerintah Menggunakan Langkah Tegas untuk Mengatasi Kelambatan Impor Gula

Pemerintah Melancarkan Impor Gula dengan Menaikkan Harga

Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam upaya memperlancar realisasi impor gula yang masih terhambat karena kenaikan harga gula dunia, Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah menaikkan harga gula konsumsi di ritel modern menjadi Rp16.000 per kg dari sebelumnya Rp14.500 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa banyak importir gula yang telah diberikan kuota impor, namun belum direalisasikan sepenuhnya. Hal ini dapat mengganggu stok dalam negeri. Kuota impor gula biasanya menjadi rebutan di antara importir karena harga gula internasional lebih murah daripada gula produksi lokal.

Pada tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan kuota impor gula konsumsi atau GKP (Gula Kristal Putih) sebanyak 991.000 ton. Berdasarkan data Arief, realisasi impor gula oleh BUMN maupun swasta baru sekitar 50% dari total kuota impor gula konsumsi tahun ini sebanyak 991.000 ton.

“Akalau dulu importasi menjadi rebutan, karena harganya lebih murah daripada gula produksi lokal, sekarang kalau dikasih kuota impor pada nggak mau, karena ada harga acuan yang membatasi. Tapi sekarang sudah di-adjust (disesuaikan) untuk sementara dari Rp14.500 ke Rp16.000 (per kg),” ungkap Arief kepada CNBC Indonesia, Jumat (1/12/2023).

Arief menjelaskan bahwa apabila HAP gula tidak disesuaikan, maka tidak akan ada importir yang ingin memasukan gula ke pasaran. Oleh sebab itu, pihaknya telah menaikan HAP gula yang sebelumnya di Rp14.500 menjadi Rp16.000 per kg, khusus untuk di ritel modern.

Lebih lanjut, karena masih banyaknya kuota impor gula yang belum direalisasikan oleh para importir, Arief meminta kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk memasukkan perusahaan tersebut ke dalam daftar hitam.

Ancaman itu pun sedikit membuahkan hasil, Arief menyebut realisasi yang sebelumnya masih sangat minim, kini sudah mencapai 50%. Dia menargetkan realisasi impor gula dapat selesai seluruhnya di akhir tahun.

Terkait: Harga Gula Diam-diam Meroket, BUMN Pangan Ini Siaga Pengaman

(wur)