Luhut Kaget Saat Disebut Rumah Menteri di IKN Kecil

by -191 Views
Luhut Kaget Saat Disebut Rumah Menteri di IKN Kecil

Kementerian PUPR, melalui Direktorat Jenderal Perumahan, mempercepat pembangunan 36 rumah tapak jabatan menteri di kawasan inti Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa rumah menteri di IKN tidak sebesar rumah menteri di Jakarta, terutama di area Widya Chandra. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, terkejut melihat ukuran rumah menteri di IKN yang kecil.
“Enggak lebih mewah, yang di sini (Jakarta) lebih mewah,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan. Basuki menjelaskan bahwa rumah di IKN didesain kompak sesuai dengan konsep kota padat, berbeda dengan rumah di Widya Chandra yang lebih besar.
Sebelumnya, netizen ramai membicarakan kemegahan rumah menteri di IKN di media sosial. Lebih dari 1.000 repost dibuat oleh netizen yang mengomentari megahnya rumah menteri di kawasan tersebut.
Terdapat 36 unit rumah menteri yang dibangun di atas pegunungan di IKN, dengan rincian 24 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 104 dan 12 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 105. Proses konstruksi dimulai sejak Desember 2022 dan semua rumah dilengkapi dengan prasarana, sarana, utilitas, meubelair, dan fasum fasos.
Rumah menteri tersebut memiliki luas bangunan sekitar 580 meter persegi dan luas lahan sekitar 1.000 meter persegi. Saat ini, sudah ada 2 unit rumah menteri yang sudah selesai dibangun.