Pemerintah Israel Menembus Perbatasan Gaza, Perdana Menteri Netanyahu Mengirim Pesan kepada Hamas

by -102 Views
Pemerintah Israel Menembus Perbatasan Gaza, Perdana Menteri Netanyahu Mengirim Pesan kepada Hamas

Israel Mengatakan Pasukannya Beroperasi di Jantung Kota Gaza, Sedang Berburu Pemimpin Hamas

Jakarta, CNBC Indonesia – Israel mengatakan bahwa pasukannya saat ini mulai beroperasi di jantung Kota Gaza dan tengah memburu pemimpin Hamas yang terjebak di dalam bunker.

Penduduk Gaza mengatakan sebelumnya bahwa tank-tank Israel diposisikan di pinggiran Kota Gaza, markas Hamas di utara wilayah tersebut dan merupakan rumah bagi sekitar sepertiga dari 2,3 juta penduduknya sebelum terjadinya permusuhan. Israel sebelumnya mengatakan pihaknya telah mengepung Kota Gaza dan akan segera menyerangnya untuk memusnahkan pejuang Hamas yang menyerang kota-kota Israel di seberang perbatasan satu bulan lalu.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan tentara Israel beroperasi di jantung Kota Gaza. Pemimpin paling senior Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, diisolasi di bunkernya, kata Gallant dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

“Mereka bermanuver dengan berjalan kaki, kendaraan lapis baja dan tank, bersama dengan insinyur militer dari segala arah dan mereka memiliki satu target – teroris Hamas di Gaza, infrastruktur mereka, komandan mereka, bunker, ruang komunikasi. Mereka memperketat pengawasan di sekitar Kota Gaza.”

Perang tersebut – yang merupakan episode paling berdarah dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa generasi – pecah pada 7 Oktober ketika pejuang Hamas menyerbu pagar yang mengelilingi Gaza dan membunuh 1.400 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menculik lebih dari 200 orang.

Komisaris Hak Asasi Manusia PBB Volcker Turk menilai ini sebagai satu bulan penuh pembantaian, penderitaan yang tiada henti, pertumpahan darah, kehancuran, kemarahan dan keputusasaan. Israel, yang berusaha membersihkan Kota Gaza, memberi waktu kepada warganya mulai pukul 10.00 hingga 14.00. berangkat ke bagian selatan Jalur Gaza sepanjang 45 km (28 mil).

Israel dan Hamas menolak seruan untuk menghentikan pertempuran. Israel mengatakan para sandera harus dibebaskan terlebih dahulu. Hamas mengatakan pihaknya tidak akan membebaskan mereka atau menghentikan pertempuran saat Gaza diserang.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Presiden AS Joe Biden menentang pendudukan kembali Israel.

Diskusi diplomatik tentang bagaimana Gaza dapat diperintah setelah perang telah mempertimbangkan pengerahan pasukan multinasional, pemerintahan sementara yang dipimpin Palestina tidak termasuk Hamas, peran keamanan dan pemerintahan sementara untuk negara-negara Arab tetangga, dan pengawasan sementara PBB terhadap daerah kantong tersebut.