Akhirnya Setelah 5 Tahun Menunggu, Kementerian Keuangan Membuka Lowongan CPNS Tahun 2024!

by -74 Views
Akhirnya Setelah 5 Tahun Menunggu, Kementerian Keuangan Membuka Lowongan CPNS Tahun 2024!

Kementerian Keuangan akhirnya akan merekrut pegawai baru melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Sebelumnya, kementerian yang dipimpin Sri Mulyani ini melakukan kebijakan moratorium perekrutan CPNS sejak tahun 2020.

Kepastian Kemenkeu akan membuka formasi untuk CPNS 2024 dapat dilihat di laman rekrutmen.kemenkeu.go.id. Di sana, terpampang poster besar tentang rencana pembukaan seleksi CPNS 2024.

“Coming Soon, Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan tahun 2024,” seperti dilihat dari laman tersebut, Rabu, (21/8/2024).

Meski demikian, Kemenkeu belum memaparkan secara detail berapa formasi yang akan dibuka pada seleksi tahun ini. Persyaratan dan informasi lainnya juga belum terlihat.

Bagaimanapun kabar tentang pembukaan CPNS Kemenkeu ini tetap menjadi angin segar bagi para pelamar yang ingin bekerja di salah satu kementerian dengan tunjangan kinerja terbesar di Republik ini.

Perlu diketahui, pada tahun 2020 melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77, Sri Mulyani memutuskan untuk tidak membuka lowongan CPNS selama 5 tahun. Keputusan ini diambil sebagai penerapan kebijakan pertumbuhan minus untuk jumlah pegawai.

Dalam aturan itu, Kemenkeu menargetkan pertumbuhan negatif jumlah pegawai dalam rentang 1,2% hingga 2,2% dalam 5 tahun. Selain CPNS, Kemenkeu juga melakukan moratorium rekrutmen untuk lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).