Airlangga Memberikan Arahan Terkini Sebelum Berakhirnya Pemerintahan Jokowi

by -59 Views
Airlangga Memberikan Arahan Terkini Sebelum Berakhirnya Pemerintahan Jokowi

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin pertemuan Leader’s Offsite Meeting (LOM) di Kemenko Perekonomian di Kota Palembang pada Sabtu (20/7/2024). Dalam pertemuan tersebut, Airlangga memerintahkan jajarannya untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berakhir.

Menurut Airlangga, fondasi perekonomian nasional terus menguat dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,11% secara tahunan hingga kuartal pertama tahun 2024. Dia juga memprediksi pertumbuhan ekonomi akan tetap di atas 5% hingga akhir tahun 2024, dengan tingkat inflasi masih terjaga pada target sasaran sebesar 2,51% per Juni 2024.

Airlangga menekankan perlunya menghadapi berbagai tantangan ekonomi global dengan melakukan penguatan kinerja di berbagai sektor. Program-program unggulan seperti pembangunan infrastruktur digital juga perlu terus didorong.

Dalam instruksinya, Airlangga menekankan penyelesaian beberapa program prioritas dan unggulan menjelang akhir periode pemerintahan saat ini. Dia juga optimis dengan sasaran ekonomi Indonesia saat ini dan yakin bahwa program dan strategi yang dilakukan oleh Kemenko Perekonomian mampu membentuk fondasi ekonomi yang kuat untuk pembangunan di masa mendatang.

Selain itu, Airlangga juga mengharapkan inovasi dalam kebutuhan fiskal dengan kerja sama antara pemerintah, perbankan, lembaga keuangan, dan lembaga pembiayaan seperti PT SMI.

Referensi: [CNBC Indonesia](https://cnbcindonesia.com/news/20240719224442-8-556228/serapan-investasi-22-kek-rp-206-t-ini-daftar-kek-terbaik)