Catatan Perjalanan Prabowo Subianto dari Prancis Hingga Rusia untuk Bertemu Para Pemimpin Dunia

by -49 Views
Catatan Perjalanan Prabowo Subianto dari Prancis Hingga Rusia untuk Bertemu Para Pemimpin Dunia

Jakarta – Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa mulai dari 24 hingga 31 Juli 2024.

Dalam perjalanan tersebut, Prabowo bertemu dengan pemimpin dari empat negara, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kedatangan Prabowo ke negara-negara tersebut selalu disambut dengan hangat oleh para pemimpin yang dikunjunginya. Bahkan, para pemimpin negara tersebut mengantar Prabowo kembali ke kendaraannya setelah pertemuan.

Pada kunjungan pertamanya ke Istana Elysee, Prabowo disambut oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan hangat. Mereka membahas isu-isu keamanan global, peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan, latihan, dan forum dialog.

Selain bertemu Macron, Prabowo juga menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 atas tugas dari Presiden Joko Widodo. Selama di Prancis, Prabowo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden International Olympics Committee, Thomas Bach untuk membahas kerjasama dalam bidang sepakbola dan Olimpiade.

Setelah dari Prancis, Prabowo terbang ke Serbia untuk bertemu dengan Presiden Aleksandar Vucic. Mereka membahas dialog politik, kerja sama ekonomi, dan pengembangan kedua negara.

Prabowo juga mengunjungi Turki dan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Mereka membahas hubungan bilateral di bidang pertahanan, peningkatan kapasitas angkatan bersenjata, serta industri pertahanan.

Kunjungan Prabowo di Turki juga melibatkan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Turki Yaşar Güler dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan.

Kunjungan terakhir Prabowo di Eropa adalah ke Rusia, di mana ia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Mereka membahas kerja sama dalam berbagai bidang seperti pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, dan energi nuklir.

Prabowo juga mengundang Rusia untuk menghadiri pameran pertahanan yang akan digelar di Indonesia pada November 2024.

Source link