Sapma PP Membantu Menjaga Kebersihan Sungai Ciliwung dengan Membersihkan Sampah

by -41 Views
Sapma PP Membantu Menjaga Kebersihan Sungai Ciliwung dengan Membersihkan Sampah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bidang Lingkungan Hidup Budaya dan Pariwisata (BLHBP) Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) kembali melakukan kegiatan pembersihan sampah di Sungai Ciliwung pada Minggu, 21 Juli 2024. Hal ini menunjukkan bahwa Sapma PP memiliki kepedulian yang tinggi terhadap menjaga kebersihan lingkungan di Negara ini.

Inisiator yang juga merupakan Ketua BLHBP, Adinda Puri menyatakan bahwa gerakan peduli lingkungan dengan tema ‘Bersih berSapma’ merupakan wujud kepedulian Sapma PP terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan di negeri ini.

“Sebagai Pemuda Pancasila, kami kembali berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan dengan tema ‘Bersih BerSapma’ sebagai bentuk kepedulian kami terhadap bangsa ini,” kata Pemenang 1st Runner Up Miss Elite Global 2024.

Adinda menjelaskan bahwa kegiatan pembersihan sampah dimulai dari lingkungan Slamet Ryadi hingga Sungai Ciliwung.

“Kami memulai kegiatan ini dengan menyusuri sungai dari titik kumpul di pintu air di jalan Slamet Riyadi, mengambil sampah selama sekitar 2 jam sepanjang sungai, dan berakhir di pusat ecowisata Gerakan Ciliwung bersih di Tanah Abang, Jakarta Pusat,” katanya.

Ia berharap bahwa melalui kegiatan pembersihan sampah ini, masyarakat dapat sadar untuk tidak membuang sampah secara sembarangan di Kali atau Sungai.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di sekitar Sungai Ciliwung, tentang dampak dari pembuangan sampah ke sungai serta memberikan contoh pentingnya menjaga kelestarian sungai,” tambahnya.