Industri Bioetanol di RI: Hanya 2 dari 13 yang Dapat Mengolah Menjadi Bensin

by -65 Views
Industri Bioetanol di RI: Hanya 2 dari 13 yang Dapat Mengolah Menjadi Bensin

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini memiliki 13 industri bioetanol, namun hanya ada 2 pabrik bioetanol fuel grade yang digunakan sebagai campuran Bahan Bakar Minyak (BBM). Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi, mengatakan bahwa dari 13 industri bioetanol tersebut, hanya 2 yang memenuhi kriteria sebagai fuel grade.

Eniya menjelaskan bahwa pihaknya masih dalam proses diskusi mengenai program campuran bioetanol untuk BBM, apakah dimulai dari 2,5% atau langsung 5%. Meskipun program campuran bioetanol untuk BBM sudah ada, namun pencapaian hingga saat ini masih nihil. Indonesia sebenarnya telah menargetkan pencapaian 20% bioetanol pada tahun 2025, namun hingga saat ini belum tercapai.

Eniya juga menekankan pentingnya akselerasi industri bioetanol di Indonesia agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa regulasi di Kementerian ESDM terkait program bioetanol sudah ada, namun implementasinya belum maksimal.

Sumber: CNBC Indonesia