Banjir Terburuk Melanda Daerah Pusat Produksi Militer Rusia pada Tahun 2024

by -79 Views
Banjir Terburuk Melanda Daerah Pusat Produksi Militer Rusia pada Tahun 2024

Pihak berwenang di wilayah Kurgan di pegunungan Ural Rusia memerintahkan evakuasi dari beberapa distrik pada Sabtu waktu setempat. Menurut Reuters, evakuasi dilakukan karena naiknya permukaan sungai akibat salju besar yang mencair dan hujan lebat di tanah yang sudah tergenang air sebelum musim dingin.

Wilayah Ural di Rusia dan Kazakhstan utara saat ini sering dilanda banjir. Namun, banjir tahun ini di wilayah tersebut disebut sebagai yang terburuk, dengan ketinggian air di sungai Tobol mencapai level tertinggi sejak tahun 1994.

“Pihak berwenang telah memerintahkan warga untuk mengumpulkan barang-barang, dokumen, dan menyediakan tempat untuk hewan peliharaan,” demikian pernyataan pihak berwenang melalui aplikasi pesan Telegram seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (20/4/2024).

Selain evakuasi, pihak berwenang juga mendorong masyarakat untuk meninggalkan daerah berbahaya tersebut. Kurgan sendiri merupakan rumah bagi pabrik raksasa Kurganmashzavod yang memproduksi kendaraan tempur infanteri untuk tentara, yang banyak digunakan di Ukraina di mana pasukan Rusia melakukan serangan di beberapa daerah.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak banjir terhadap pabrik tersebut. Kantor berita TASS melaporkan bahwa ketinggian air di Tobol diperkirakan mencapai puncaknya dalam beberapa hari ke depan.

Di Orenburg, wilayah lain yang terkena dampak banjir, permukaan air telah surut menurut pihak berwenang setempat. Pada hari Jumat, kilang minyak Orsk yang sebelumnya menghentikan produksinya karena banjir, kini telah melanjutkan produksi bahan bakar setelah menyatakan force majeure pada pasokan bahan bakar mulai 8 April.