Montir, Bengkel, dan Bisnis Mandiri

by -101 Views
Montir, Bengkel, dan Bisnis Mandiri

Bagi mereka yang memiliki kendaraan, baik mobil, sepeda motor, atau sepeda onthel, montir dan bengkel sangat dibutuhkan. Mereka dibutuhkan ketika hendak memperbaiki kendaraan. Montir adalah orang yang memiliki keterampilan dalam memasang atau memperbaiki. Montir mobil adalah orang yang bisa memasang komponen baru atau memperbaiki bagian mobil yang rusak atau tidak berfungsi. Melalui tangan-tangan terampil montir, kendaraan yang rusak dapat diperbaiki.

Pekerjaan montir adalah bagian dari bidang jasa yang menjadi jangkar bagi fungsi penjualan dan spare part dalam industri otomotif. Bengkel merupakan tempat dimana montir menawarkan jasanya. Meskipun sekarang ada jasa montir online yang bisa dipanggil kapan saja, konsep bengkel saat ini bisa bergerak atau mobile untuk memberikan layanan pada konsumen. Bengkel dan montirnya bisa menjadi favorit atau idola bagi konsumen setia.

Montir dan bengkel membentuk bagian dari kewirausahaan. Profesi montir bisa menjadi awal dari seorang wirausaha. Montir yang memiliki keahlian pada bengkelnya sudah memenuhi kaidah kewirausahaan. Wirausaha harus responsif terhadap peluang, inovasi, dan risiko. Banyak wirausaha yang berasal dari latar belakang montir dan membangun usaha mereka dari bengkel.

Pelajaran yang bisa dipetik dari montir dan bengkel adalah bahwa montir bukan hanya bekerja sendiri, tetapi bisa bekerja dalam kelompok untuk menciptakan inovasi berkelanjutan. Proses magang juga terjadi dalam bengkel-bengkel kecil, di mana montir wirausaha membantu menciptakan lingkungan kewirausahaan yang bermanfaat bagi pelanggan. Seiring berkembangnya waktu, montir dan bengkel dapat berkembang menjadi perusahaan otomotif yang modern dan berskala besar.

Seorang Dosen dan Entrepreneurial Scientist.

Artikel Selanjutnya
Bank Neo Commerce Umumkan Pengunduran Diri Pamitra Wineka

(adv/adv)