Penelitian dari Luar Negeri Menunjukkan Kandidat yang Berpotensi Menjadi Pemenang Pemilihan Presiden Indonesia, Siapakah Mereka?

by -120 Views
Penelitian dari Luar Negeri Menunjukkan Kandidat yang Berpotensi Menjadi Pemenang Pemilihan Presiden Indonesia, Siapakah Mereka?

Sebuah survei yang dilakukan oleh Roy Morgan dari Australia menemukan bahwa Ganjar Pranowo merupakan calon terunggul untuk Pemilihan Presiden Indonesia 2024 mendatang dengan perolehan 38%. Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan 30% dan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan 25%.

Survei ini dilakukan sebelum tiga kandidat unggulan mengumumkan pasangan calon wakil presiden dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum pada akhir Oktober 2023. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi mendaftar sebagai kandidat presiden dan wakil presiden.

Ganjar Pranowo memimpin di Pulau Jawa dengan 41% dukungan, di depan Prabowo (29%) dan Anies (25%). Namun, di Pulau Sumatera, Prabowo dan Ganjar memiliki perolehan suara yang sama-sama kuat. Di Sulawesi dan Kalimantan, Prabowo juga unggul atas kedua lawannya.

Survei juga menunjukkan bahwa partai PDIP mendominasi hasil Pemilu Legislatif (Pileg) dengan 34,5% dukungan, diikuti oleh Gerindra, Partai Demokrat, dan PKS. Partai lainnya mendapat dukungan kurang lebih 4%.

Michele Levine, CEO Roy Morgan, menyimpulkan bahwa PDIP dan Ganjar akan memenangkan Pileg dan Pilpres RI. Namun, faktor keberlanjutan program Presiden Jokowi juga menjadi hal yang penting.