Gloves Made in Yogyakarta by RI’s Military Gain Worldwide Attention

by -109 Views
Gloves Made in Yogyakarta by RI’s Military Gain Worldwide Attention

PT Sport Glove Indonesia (SGI) berdiri di Desa Krandon, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tahun 1992. Perusahaan ini didirikan oleh Mark Robba, seorang WNI keturunan Amerika, dan saat ini fokus pada produksi sarung tangan kulit dengan kemampuan produksi 13 juta pcs/tahun. SGI mengarahkan seluruh produksinya ke pasar ekspor. Perusahaan ini juga memproduksi sarung tangan kulit untuk kebutuhan olahraga, industri, dan militer.

SGI memiliki dua pabrik lainnya di Plumbon dan Godean, dengan total pekerja mencapai 2.842 orang. Mayoritas pekerjanya berasal dari Yogyakarta dan sebagian kecil dari Jawa Tengah. Proporsi pekerja terdiri dari 70% wanita dan 30% pria.

Perusahaan ini memiliki beberapa pelanggan, di antaranya perusahaan Amerika Serikat (AS) seperti KGD-Carhartt, Nike/JR, Youngstown, Wilson, Hexarmor, MCR Safety, PIP, Unites Sport Brand, Fox Racing, Pyramex, Klein Tools, Majectic. Ada pula perusahaan Prancis, Rostaing, dan perusahaan Republik Ceko, Holik.

Khusus Holik, perusahaan ini menjadi supplier untuk sarung tangan militer tentara Rusia. Permintaan sarung tangan dari Holik bahkan meningkat seiring perang Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina, bahkan hingga April 2024.

SGI sendiri adalah salah satu mitra Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank melalui Penugasan Khusus Ekspor (PKE) Trade Finance. Program ini bertujuan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan perdagangan transaksi internasional serta memberikan perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi. PKE Trade Finance merupakan penugasan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada LPEI.