Nasib Ada Harta Karun 2 Miliar Ton Emas di NTB

by -102 Views
Nasib Ada Harta Karun 2 Miliar Ton Emas di NTB

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan informasi terbaru tentang temuan sumber daya mineral berupa emas dan tembaga sebesar 2 miliar ton di tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, NTB. Temuan ini khususnya ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (PT STM).

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin menyatakan berdasarkan laporan terakhir perusahaan, potensi temuan mineral sekitar 2 miliar ton tersebut mempunyai kandungan emas. Namun batuan/ore emas yang diekstraksi tidak sebesar itu.

Oleh karena itu, saat ini Badan Geologi Kementerian ESDM sedang melakukan pendataan lebih lanjut mengenai hasil temuan tersebut. Meski demikian, hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan terbaru dari perusahaan.

Wilayah tambang Onto juga memiliki potensi sumber daya Panas Bumi. PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) telah melakukan pencarian cadangan emas di tambang Onto sejak tahun 1998. Saham STM mayoritas dimiliki oleh Vale S.A. (80%) melalui Eastern Star Resources Pty Ltd, dan sisanya dimiliki oleh PT Antam Tbk (20%).

Presiden Direktur STM, Bede Evans menjelaskan bahwa potensi sumber daya mineral Onto merupakan bagian dari Proyek Hu’u milik PT STM yang merupakan pemegang Kontrak Karya generasi ke-7 yang ditandatangani Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998. Saat ini tim engineering STM terus mengembangkan opsi bagaimana Proyek Hu’u kedepannya dapat dikembangkan menjadi sebuah proyek penambangan.