Rahasia Terbongkar! Alasan Sebenarnya Jokowi Mengajak Tiga Capres Makan

by -129 Views
Rahasia Terbongkar! Alasan Sebenarnya Jokowi Mengajak Tiga Capres Makan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan dirinya melakukan makan siang bersama tiga calon presiden (Capres) di Istana, Senin (30/10/2023). Ia ingin memberikan pesan untuk menjaga pemilu 2024 ini supaya berjalan dengan damai.

“Ya, saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan dengan damai, tidak ada saling memfitnah, tidak ada kampanye negatif, tidak ada saling menjelekkan, tidak ada saling merendahkan, tetapi adu program, adu gagasan saya kira itu, rakyat menginginkan itu,” kata Jokowi di Bali, Selasa (31/10/2023).

Santap siang itu dihadiri Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Sebelum bertemu Presiden Jokowi, ketiga calon presiden tampak berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka. Ketiganya tampak kompak mengenakan batik lengan panjang.

Tak berselang lama, ketiganya bersalaman dengan Presiden Jokowi yang kemudian mengajak mereka untuk menuju ruang makan. Keempatnya lalu duduk melingkar di hadapan sebuah meja makan bundar dengan beragam menu yang telah tersaji.

Beberapa menu yang disajikan adalah nasi putih, soto Lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Selain itu, juga terlihat cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, hingga sajian minuman es laksamana mengamuk serta jus jeruk.

Usai santap siang itu, Prabowo mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan. “Dan tadi juga kami ucapkan terima kasih diundang. Kalau tidak diundang, kita jarang bisa berkumpul ya,” kata Prabowo saat memberikan keterangan pers.

Sementara Anies juga mengungkapkan pesan yang diberikan agar pilpres bisa berjalan dengan aman dan damai, serta seluruh penyelenggara menunjukkan sikap yang netral.

Senada dengan itu, Ganjar Pranowo menilai bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu bisa berjalan dengan baik, damai, dan adil.