Anies, Ganjar, dan Prabowo: Persaingan Antara Ketiga Tokoh

by -128 Views
Anies, Ganjar, dan Prabowo: Persaingan Antara Ketiga Tokoh

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur (Jatim) mengenai elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

Menurut hasil survei ARCI, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai angka 40,1%. Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi kedua dengan elektabilitas 35,9%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan elektabilitas sebesar 22,2%.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan beberapa faktor mengapa pasangan Prabowo-Gibran unggul di Jatim. Salah satunya adalah migrasi pendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya memilih Ganjar Pranowo, namun beralih ke Prabowo.

Baihaki menyebut bahwa sebanyak 33,7% pendukung PDIP memilih Prabowo-Gibran, sedangkan 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pendukung PDIP yang memilih pasangan Anies-Muhaimin.

Baihaki juga menyebut bahwa kehadiran Gibran dalam pasangan Prabowo membuat Prabowo mendapatkan suara loyalis Joko Widodo (Jokowi) di Jatim. Terlebih lagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres pada tahun 2014 dan 2019.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut adalah hasil lengkap elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden di Jatim versi ARCI:

1. Prabowo-Gibran: 40,1%
2. Ganjar-Mahfud: 35,9%
3. Anies-Muhaimin: 22,2%
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%

Sumber: CNBC Indonesia (Link: https://www.detik.com/jatim/berita/d-7014308/ini-faktor-yang-membuat-prabowo-gibran-unggul-di-jatim-versi-survei-arci)