Apakah RI akan Subsidi Kilang Minyak Terbesar yang Menghasilkan BBM Euro 5?

by -64 Views
Apakah RI akan Subsidi Kilang Minyak Terbesar yang Menghasilkan BBM Euro 5?

Indonesia akan memiliki kilang minyak terbesar baru dengan kapasitas olahan 360 ribu barel per hari (bph). Kilang yang dimaksud adalah kilang Balikpapan dari proyek Refinery Development Master Plan (RDMP).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan Kilang Balikpapan akan memulai produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis gasoline atau bensin dengan standar Euro 5 pada September 2025. Saat ini, progres pembangunan kilang minyak Balikpapan sudah mencapai 91%.

Arifin berharap bahan bakar dengan standar Euro 5 masih ekonomis untuk digunakan masyarakat dan tidak menutup kemungkinan akan diberikan subsidi di masa depan.

Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman mengungkapkan bahwa total investasi untuk proyek RDMP Balikpapan mencapai US$ 7,4 miliar yang setara dengan Rp 118,02 triliun. Pembangunan kilang tersebut masih harus diselesaikan sebesar 8,4%, namun progresnya sudah mencapai 91,6%.

Taufik optimis proyek RDMP Balikpapan bisa selesai sesuai target yang telah ditentukan, meskipun masih dihadapi beberapa tantangan.