Banyak Warga Indonesia Beralih Pekerjaan ke Jepang, Ini Penyebabnya

by -121 Views
Banyak Warga Indonesia Beralih Pekerjaan ke Jepang, Ini Penyebabnya

Krisis kependudukan di Jepang telah menyebabkan penurunan angkatan kerja. Hal ini memicu banyak pekerja dari negara lain yang mencoba peruntungannya di Jepang.

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, hasil studi terbaru menunjukkan bahwa jumlah pekerja asing di Jepang mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Pada Oktober 2023, jumlah pekerja asing di Jepang mencapai dua juta orang.

Terdapat lonjakan jumlah pekerja asing, termasuk dari Indonesia. Jumlah buruh migran Indonesia di Jepang meningkat sebesar 56% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 121.507 orang.

Selain Indonesia, jumlah pekerja asal Myanmar juga mengalami lonjakan signifikan sebesar 49,9%, dengan total 71.188 orang bekerja di Jepang hingga Oktober 2023.

Meskipun lonjakan dari Indonesia dan Myanmar signifikan, namun orang Vietnam masih menjadi yang paling banyak bekerja di Jepang, menyumbang 518.364 pekerja atau 25,3% dari total pekerja asing di negara tersebut.

Prefektur Tokyo menjadi tempat terbanyak bagi pekerja asing, dengan jumlah mencapai 542.992 orang, atau setara dengan 26,5% dari keseluruhan pekerja asing di Jepang.