Apakah Harga Beras di Indonesia Akan Turun Tahun Ini Meskipun Telah Meningkat?

by -111 Views
Apakah Harga Beras di Indonesia Akan Turun Tahun Ini Meskipun Telah Meningkat?

JAKARTA, CNBC Indonesia – Harga beras terus meningkat dalam setahun terakhir, bahkan kenaikan harga beras pada tahun 2023 hampir mencapai 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya. Namun, apakah harga beras bisa turun kembali hingga mencapai level Rp10.000 per kg atau Rp11.000 per kg untuk beras medium?

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi berpendapat bahwa jika harga beras kembali turun ke level Rp10.000 per kg untuk beras medium, maka petani akan menderita karena harga gabah juga akan tertekan ke bawah. Menurutnya, saat ini petani sedang bahagia dengan harga beras yang ada, karena setidaknya bisa bernafas sejenak dengan harga gabah yang tidak murah.

Menurut Arief, kebijakan terkait harga beras dan gabah harus seimbang antara hulu dengan hilir. “Makanya Pak Presiden bilang harga yang wajar di tingkat produsen, harga yang wajar di tingkat pedagang, dan harga yang wajar di tingkat konsumen, kan itu maksudnya,” ujarnya.

Arief menjelaskan bahwa dengan biaya produksi tanam padi, harga pupuk, biaya input yang naik, ditambah currency rate yang tinggi, maka harga beras tidak mungkin turun ke level Rp10.000 per kg tanpa adanya subsidi dari pemerintah.

Menurut Arief, harga beras bisa kembali turun ke level Rp10.000 per kg memungkinkan apabila nilai tukar rupiah menguat di Rp13.000-Rp13.500US$ seperti sebelumnya, dan memungkinkan jika perang antara Rusia dan Ukraina berangsur pulih.

Arief juga menambahkan bahwa kemungkinan harga beras turun bisa dengan adanya subsidi, namun harus mempertimbangkan keuangan negara.

Dengan demikian, Arief berpendapat bahwa turunnya harga beras menjadi perhatian penting dan harus dipertimbangkan secara matang.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Harga Beras Meledak, Anak Buah Jokowi Lakukan Ini

(wur)