67 Drone Buatan Iran Hujani Ibu Kota Ukraina oleh Rusia

by -40 Views
67 Drone Buatan Iran Hujani Ibu Kota Ukraina oleh Rusia

Angkatan Udara Ukraina melaporkan bahwa Rusia melakukan serangan menggunakan 67 drone Shahed ke Ibu Kota Kiev pada Sabtu, 7 September 2024. Sebanyak 57 drone berhasil dicegat oleh Ukraina. Serangan ini terjadi di pusat kota yang jarang terjadi karena Kiev dilindungi oleh pertahanan era Soviet dan senjata dari negara barat. Puing-puing drone terlihat di sekitar gedung parlemen, menunjukkan dampak serangan tersebut.

Drone Shahed yang digunakan Rusia didesain oleh Iran dan memiliki kecepatan 200 kilometer/jam. Kiev menyatakan drone-dronenya diluncurkan dari dua wilayah perbatasan dengan Rusia dan dari wilayah yang dikuasai seperti tanjung Krimea.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin menolak permintaan Ukraina untuk menggunakan senjata jarak jauh AS untuk melawan Rusia. Namun, AS akan memberikan bantuan tambahan sebesar US$250 juta untuk Ukraina dalam melawan Rusia. Austin menyatakan Ukraina memiliki kemampuan sendiri dalam menggunakan senjata jarak jauh seperti drone dan misil.

Serangan drone ini menjadi salah satu tindakan agresi Rusia dalam konflik Ukraina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sumber: CNBC Indonesia