Indonesia Resmi Mendapat Saham Vale, Para Ahli Ungkap Keuntungannya

by -80 Views
Indonesia Resmi Mendapat Saham Vale, Para Ahli Ungkap Keuntungannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia melalui Holding Industri Pertambangan MIND ID berhasil menjadi pemilik mayoritas di PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Sekarang, saham MIND ID di Vale mencapai 34%.

Pakar Hukum Pertambangan Ahmad Redi mengungkapkan sederet keuntungan bagi negara setelah aksi divestasi saham Vale kepada MIND ID, setidaknya terdapat empat keuntungan yang bisa diperoleh Indonesia.

“Secara prinsip paling tidak ada empat alasan mengapa negara perlu melakukan divestasi, membeli saham divestasi perusahaan tambang asing,” ujar Redi kepada CNBC Indonesia dalam program Mining Zone, dikutip Rabu (28/2/2024).

Pertama, Redi menyebutkan Indonesia dengan menjadi pemilik mayoritas saham INCO maka memiliki kontrol atas perusahaan tersebut untuk melakukan operasinya di dalam negeri. Hal tersebut lantaran secara total MIND ID saat ini menggenggam saham Vale hingga 34%, angka tersebut merupakan kepemilikan saham tertinggi dibandingkan dengan Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM).

“Nah ini terbukti bahwa dengan kepemilikan saham 34%, maka negara, dalam hal ini ada perusahaan negara bernama MIND ID, itu menjadi perusahaan pengendali. Karena dia memiliki saham 34%, saham mayoritas itu dalam konteks yang pertama, jadi pengalihan pengendalian,” ungkapnya.

Kedua, Indonesia mendapatkan dividen lebih besar dengan kepemilikan saham di INCO saat ini yang mana juga akan terjadi peralihan manfaat ekonomi sebagai pemegang saham mayoritas di perusahaan basis Brasil itu. “Karena dengan saham 34%, kita paling tidak secara ekonomi mendapatkan deviden. Kemudian hak-hak ekonomi sebagai pemegang saham mayoritas. Ini akan terjadi peralihan manfaat ekonomi,” kata Redi.

Ketiga, Redi mengatakan Indonesia melalui MIND ID bisa melakukan restrukturisasi terhadap posisi direksi dan komisaris Vale. “Dan terbukti kita mendapatkan jatah komisaris, direktur utama dan direktur SDM,” tambahnya.

Keempat, Indonesia bisa mengembangkan potensi daerah yang mana setidaknya masyarakat lokal, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), diajak untuk memiliki akses manfaat secara ekonomi dalam konteks kepentingan daerah. “Itu divestasi manfaatnya bagi negara,” tandasnya.

Asal tahu saja, saat ini MIND ID memegang 34% saham, sementara kepemilikan saham Vale Canada Limited menciut menjadi 33,9% dari sebelumnya 43,79% dan saham Sumitomo Metal Mining menjadi 11,5% dari 15,03%. Adapun porsi kepemilikan saham publik yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih tetap sama, yakni sekitar 21,18%.