Jangan Guncangkan APBN dan Tambah Utang RI dengan Makan Gratis

by -98 Views
Jangan Guncangkan APBN dan Tambah Utang RI dengan Makan Gratis

Jakarta, CNBC Indonesia – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengungkapkan program makan siang gratis bagi anak sekolah dan ibu hamil memerlukan dana hingga Rp 400 triliun dan menyasar 82,9 juta orang.

Peneliti Center of Reform On Economic (CORE), Eliza Mardian menilai besarnya anggaran yang diperlukan untuk makan siang gratis ini harus memperhatikan kemampuan fiskal RI.

Defisit anggaran pemerintah yang ditargetkan sekitar hingga 2,8% dari PDB atau sekitar Rp 500 triliun, sehingga jika program ini tidak diperhitungkan dengan baik bisa mengguncang APBN atau mengganggu belanja rutin negara dan menambah utang.

Eliza juga menyatakan pentingnya pemerintah mencari sumber pembiayaan untuk mendanai makan siang gratis di tengah tren penurunan tax ratio.

Bagaimana pandangan para pakar terhadap dampak program makan gratis terhadap APBN? Simak dialog Shinta Zahara dengan Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Danang Girindrawardana dan Peneliti Center of Reform On Economic (CORE), Eliza Mardian dalam acara Profit, CNBC Indonesia (Selasa, 27 Februari 2024).

Saksikan siaran langsung program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini.