Mendag Menyampaikan Pesan Tentang Outlook 2024: Harus Tetap Optimistis dan Waspada

by -101 Views
Mendag Menyampaikan Pesan Tentang Outlook 2024: Harus Tetap Optimistis dan Waspada

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan pandangannya terkait potensi ekonomi di tahun ini, terutama di sektor perdagangan. Menurutnya, di tengah ketidakpastian global tahun 2023, Indonesia tetap berhasil mencatatkan sejumlah capaian signifikan di sektor perdagangan. Beberapa capaian yang dimaksud adalah keberhasilan pemerintah menjaga inflasi, kembali tercapainya surplus perdagangan sepanjang tahun, hingga kebijakan-kebijakan yang semakin berpihak pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan industri dalam negeri. “Memasuki 2024, kita menatap optimistis namun tetap waspada terhadap tantangan di masa depan. Prediksi pertumbuhan ekonomi global oleh berbagai organisasi internasional menunjukkan adanya perlambatan. Namun, kinerja perdagangan 2023 memberikan optimisme untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi sebesar 5,20 persen di 2024. Kunci peningkatan kinerja perdagangan 2024 adalah kolaborasi dan sinergi para pemangku kepentingan yaitu pemerintah, pelaku usaha, akademisi, komunitas, dan pers,” kata Zulkifli dalam siaran pers, Jumat (5/1/2024).

Selain itu, inflasi diprediksi masih cukup terkendali di kisaran 1,5-3,5 % sesuai target 2024. Dia menegaskan pemerintah akan berupaya untuk tetap mendorong pertumbuhan ekspor nonmigas sesuai target 2,5- 4,5%, meski harga komoditas dunia yang masih landai. “Ketidakpastian perekonomian dan perdagangan selama 2023 antara lain diwarnai tensi geopolitik, perubahan iklim, serta krisis pangan dan energi. Di tengah kesulitan itu, kami bersyukur data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan inflasi Desember 2023 sebesar 0,41%. Artinya, pemerintah berhasil mengendalikan persediaan barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi Natal dan Tahun Baru,” kata jelasnya. Surplus neraca perdagangan untuk periode Januari-November 2023, menurutnya perlu dilihat sebagai sebuah pencapaian di tengah ketidakpastian global. Hingga November, Indonesia mencatat surplus perdagangan US$ 33,63 miliar pada periode Januari-November 2023.

Pihaknya pun turut berperan dalam perumusan dan implementasi kebijakan yang melindungi UMKM dan hak konsumen. Hal tersebut diwujudkan antara lain melalui penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Selain itu, Kemendag juga menjalankan pemusnahan pakaian bekas (thrifting).

Inflasi 2023 Terendah 20 Tahun Terakhir.
Zulkifli menyampaikan, inflasi 2023 tercatat sebesar 2,61%. Hal tersebut menunjukkan, inflasi masih terkendali dan dalam sasaran inflasi 2-4%. Inflasi 2023 bahkan merupakan inflasi terendah dalam 20 tahun terakhir (1999-2024) di luar masa pandemi. Dia mengatakan salah satu amanat Presiden Joko Widodo kepadanya adalah menjaga stabilitas pasokan dan harga minyak goreng. Hal tersebut berhasil dicapai karena sepanjang 2023, program Minyak Goreng Rakyat telah menyalurkan minyak goreng untuk kebutuhan konsumsi masyarakat sebanyak 3,26 juta ton. Minyak goreng tersebut disalurkan dengan rata-rata komposisi minyak curah 64% berbanding MINYAKITA 36%. Merek MINYAKITA pun digunakan berbagai produsen dan pengemas dan telah tersalurkan ke 34 provinsi sepanjang 2023.

Zulkifli mengatakan, upaya stabilisasi harga minyak goreng dan bapok lainnya sepanjang 2023 turut berkontribusi meredam laju…