Gempa Berkekuatan M4,4 Kembali Mengguncang Sumedang Malam Ini

by -103 Views
Gempa Berkekuatan M4,4 Kembali Mengguncang Sumedang Malam Ini

Gempa dengan kekuatan 4.4 magnitudo mengguncang wilayah Sumedang, Jawa Barat pada hari Senin (1/1/2023) pukul 20.46 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya menyebut gempa ini berlokasi di 4 kilometer arah timur laut Kabupaten Sumedang.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan terjadi di area daratan. Hingga saat ini, belum dijelaskan mengenai dampak gempa tersebut.

Sebelumnya, Sumedang juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 pada hari Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 20.34 WIB. Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 5 kilometer.

BMKG Bandung melaporkan bahwa gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang, Lembang, Subang, Bandung, dan Garut. BMKG juga mengungkapkan bahwa gempa kemarin malam menyebabkan kepanikan warga dan kerusakan bangunan. Sebanyak 331 pasien RSUD Sumedang dievakuasi dan beberapa bangunan rumah sakit mengalami kerusakan.

Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menyiagakan Posko Utama di Pos Pam Nataru yang berlokasi di depan Alun-Alun Sumedang dan Pj. Bupati Sumedang, Tuti Ruswati, memastikan kondisi Sumedang aman terkendali dan menghimbau warga agar tetap tenang. Tuti juga mengimbau agar warga langsung keluar rumah jika terjadi gempa susulan.