Tiket Kereta Paling Diburu saat Nataru, Inilah Rute Paling Dicari oleh Penumpang

by -103 Views
Tiket Kereta Paling Diburu saat Nataru, Inilah Rute Paling Dicari oleh Penumpang

Moda transportasi massal Kereta Api menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tidak mengherankan jika tiket kereta pada saat ini sangat cepat terjual habis.

Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI (Persero), mengatakan bahwa pada 24 Desember 2023 pukul 07.00, penjualan tiket Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI pada masa arus mudik Natal telah mencapai 792.781 tiket, atau 117% dari jumlah tiket yang tersedia sebanyak 676.096 tiket.

Penjualan tiket melebihi 100%, atau sebesar 17%, menunjukkan tingginya fluktuasi penumpang antara stasiun awal dengan stasiun tujuan.

Menurut data KAI, relasi terfavorit pelanggan KA Jarak Jauh pada libur Nataru ini antara lain adalah Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Bandung, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Purwokerto, Bandung – Surabaya, Surabaya – Yogyakarta, dan beberapa lainnya.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia di online travel agent (OTA) seperti Tiket.com, harga tiket KA Jarak Jauh untuk relasi Jakarta-Yogyakarta termurahnya berada di Rp595.000 untuk kelas eksekutif, dengan tinggalnya 9 kursi.

Sementara untuk relasi Jakarta-Bandung, tiket kelas ekonomi masih tersedia dengan harga Rp150.000 dan kelas eksekutif seharga Rp200.000. Namun untuk beberapa subclass, tiket hampir habis terjual.

Untuk relasi Jakarta-Surabaya Pasar Turi, terdapat beragam pilihan harga tiket. Tiket kereta api yang paling laris terjual adalah Argo Bromo Anggrek dengan harga Rp730.000.

Harga tiket termurah untuk relasi Jakarta-Purwokerto hampir habis, dengan KA Purwojaya 72 menjadi pilihan paling banyak dibeli hari ini seharga Rp330.000 dan hanya tersisa 39 kursi.

Sedangkan untuk relasi Bandung-Surabaya Gubeng, tersisa tiket kelas eksekutif seharga Rp1,2 juta. Namun untuk relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi, seluruh tiketnya sudah habis terjual.

Dan untuk relasi Surabaya-Yogyakarta, beberapa tiket kelas ekonomi masih tersedia, namun untuk kelas eksekutif hanya tersisa 18-26 kursi dengan harga sekitar Rp280.000-Rp455.000.