Warga Indonesia Berbondong-bondong Ke Singapura dan Bali Selama Libur Natal

by -93 Views
Warga Indonesia Berbondong-bondong Ke Singapura dan Bali Selama Libur Natal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, untuk memantau pergerakan penumpang selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), pada Minggu (24/12/2023).

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta telah melayani lebih dari 1 juta penumpang, naik 18 persen dari tahun sebelumnya, selama libur Nataru kali ini. Destinasi internasional paling ramai adalah Singapura, Kuala Lumpur, dan Jeddah, sementara destinasi domestik terbanyak adalah ke kota Denpasar, Medan, dan Surabaya.

Tingkat ketepatan waktu di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 71 persen, dan tingkat okupansi mencapai 80 persen.

Menhub mengaku senang karena produktivitas penerbangan meningkat. Hal ini menandakan bahwa ekonomi masyarakat juga telah membaik setelah pandemi Covid-19. Kemenhub menyebut puncak arus mudik Natal terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 dengan jumlah 184 ribu penumpang. Puncak arus mudik tahun baru diprediksi terjadi pada tanggal 29 Desember 2023 dengan total 180 ribu penumpang. Sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 2 Januari 2024.