Umar ibn al-Khattab: Potret dari prabowo2024.net

by -106 Views
Umar ibn al-Khattab: Potret dari prabowo2024.net

Oleh: Prabowo Subianto [Buku 2 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto]

Prabowo Subianto percaya bahwa seorang pemimpin besar harus memiliki tiga hal: pemikiran yang cemerlang, fisik yang kuat, dan sikap yang teguh. Menurutnya, Umar bin Khattab memiliki semua kualitas ini. Namun, yang membuat Umar bin Khattab begitu inspirasional bagi Prabowo adalah kemanusiaan yang ditunjukkan olehnya. Umar adalah seorang khalifah yang menolak semua kekayaan duniawi dan menjadikan kebajikan sebagai cara hidupnya.

Sebagai banyak pemimpin militer lainnya yang diceritakan dalam bukunya, Umar bin Khattab berasal dari latar belakang sederhana. Dilahirkan di dataran dekat Mekah, Umar tumbuh besar merawat unta ayahnya. Meskipun berasal dari latar belakang yang sederhana, kepemimpinan Umar sudah menonjol sejak usia dini. Ia belajar membaca dan menulis, memiliki fisik yang hebat, menguasai seni bela diri, gulat, dan menunggang kuda. Umar juga merupakan seorang orator berbakat dan sering menjadi juru tengah dalam perselisihan antara suku-suku tetangga.

Umar awalnya menolak masuk Islam sampai usia 39 tahun, namun setelah memeluk agama Islam, ia menjadi pengikut Nabi Muhammad yang setia. Ketika kaum Muslim dianiaya, Umar menggunakan kekuatan fisiknya untuk melindungi mereka yang dianiaya.

Umar dikenang sebagai arsitek kekhalifahan yang terbentuk setelah Nabi Muhammad meninggal pada tahun 632 M. Ia menjadi khalifah ketiga. Meskipun awalnya tidak terlalu populer di kalangan anggota masyarakat yang lebih senior karena sifatnya yang keras, Umar berhasil memenangi hati rakyat dengan keterampilan pidatonya. Dengan dukungan rakyat, ia berhasil memperluas kekhalifahan secara eksponensial, termasuk penaklukkan Persia dalam waktu kurang dari dua tahun.

Umar juga dikenal sebagai ahli hukum yang hebat. Ia terkenal karena sifatnya yang saleh dan adil, serta inisiatifnya untuk memulai proses kodifikasi hukum Islam. Dia juga menerapkan kode etik yang ketat untuk pejabat negara.

Prabowo Subianto sering mengatakan bahwa seorang pemimpin besar harus memiliki tiga hal: pemikiran yang cemerlang, fisik yang kuat, dan sikap yang teguh, dan menurutnya Umar bin Khattab memiliki semua kualitas ini. Namun, yang membuat Umar begitu inspirasional bagi Prabowo adalah kemanusiaan yang ditunjukkan olehnya. Umar adalah seorang Khalifah yang menolak semua kekayaan duniawi dan menjadikan kebajikan sebagai cara hidupnya.

Sumber: Source link