BRI Mendorong Inklusi Keuangan Hingga ke Pelosok Negeri Selama 128 Tahun

by -160 Views

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah menunjukkan komitmennya selama 128 tahun untuk menjadi motor perekonomian Indonesia melalui perluasan inklusi keuangan. Hal ini dibuktikan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki lewat perluasan jangkauan dan melakukan pemberdayaan terutama di segmen usaha mikro serta ultra mikro.

BRI yang memiliki bisnis inti UMKM dan memiliki portofolio kredit mikro mencapai lebih dari 40%, akan terus fokus melayani masyarakat untuk mendukung inklusi keuangan negeri. Di sisi lain, dalam memperkuat pemberdayaan bisnis mikro, BRI akan terus berkomitmen secara komprehensif memastikan keberlanjutan perusahaan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa alokasi kredit yang dilakukan BRI telah memberikan dampak nyata terhadap masyarakat Indonesia. Berdasarkan riset internal, BRI telah berkontribusi sebesar sekitar 70% dari 85.1% pencapaian indeks inklusi keuangan Indonesia yang di survei pada tahun 2022.

Sunarso menjelaskan, dalam penyaluran kredit terhadap pelaku UMKM, BRI juga mengedepankan peningkatan kapabilitas pemberdayaan melalui literasi dasar, literasi bisnis, dan literasi digital kepada UMKM.

Salah satu channel pemberdayaan UMKM yang berdampak besar terhadap inklusi keuangan adalah AgenBRILink. Hingga akhir November 2023, sudah terdapat lebih dari 719 ribu AgenBRILink di seluruh Indonesia dengan volume transaksi sebesar Rp1.293 triliun.

upaya-upaya peningkatan kapabilitas pemberdayaan itu tak terlepas dari salah satu aspirasi besar yang ingin dicapai perseroan pada 2025 yaitu menjadi Champion of Financial Inclusion. Selain pemberdayaan, BRI juga melanjutkan transformasi digital dengan Hybrid Bank Business Model untuk meningkatkan penetrasi layanan keuangan dan menghadirkan layanan perbankan secara lebih efektif, efisien, dan terintegrasi sesuai dengan journey literasi digital masyarakat Indonesia.

Sunarso juga mengungkapkan bahwa kemampuan dan kualitas perseroan untuk menyediakan layanan melalui platform digital terus meningkat. Salah satu bukti nyata transformasi BRI yang memberikan dampak positif terhadap inklusi dan literasi keuangan masyarakat yakni Super App BRImo.

Aplikasi serba bisa ini telah digunakan 30,4 juta user sejak diluncurkan pada Februari 2019 dan telah digunakan oleh 31 juta user, angka tersebut meningkat pesat dari 2,9 juta user pada akhir Desember 2019. Dari sisi volume transaksi telah mencapai Rp3.743 triliun atau tumbuh sekitar 58,39% yoy.