Targeting Indonesia’s Advancement and Prosperity by 2045

by -110 Views
Targeting Indonesia’s Advancement and Prosperity by 2045

Oleh Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto

Indonesia akan mencapai usia 100 tahun proklamasi kemerdekaan pada tahun 2045. Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang mencita-citakan tercapainya “Indonesia Emas” di atau sebelum tahun 2045.

Paradox yang dialami negara saat ini adalah masalah kepemimpinan, kearifan, dan kehendak untuk mengambil keputusan politik yang tepat. Saya sangat optimistis, jika elit Indonesia yang mendapatkan kepercayaan untuk memimpin melalui proses demokrasi punya jiwa kepemimpinan, kearifan, dan kehendak, maka tidak butuh waktu yang lama untuk menjadikan Paradoks Indonesia bagian sejarah bangsa kita.

Menuju Negara Maju dan Makmur

Kita tidak boleh diam dan menerima dicap sebagai bangsa pengalah. Kita harus jadi bangsa pemenang. Kita tidak boleh hanya puas dikenal sebagai bangsa pembeli. Kita harus jadi bangsa pembuat. Bukan takdir bangsa Indonesia jadi bangsa yang lemah, tetapi bangsa yang kuat, bangsa yang terhormat. Tetapi, dalam perjuangan memperkuat ekonomi negara dan rakyat Indonesia, kita harus hati-hati. Kita harus bijak, dan harus arif. Setiap masalah harus dikaji dengan lengkap, diteliti dengan baik, dan dinilai dari segi kepentingan nasional bangsa Indonesia. Selain itu, tidak boleh mencari kesalahan orang lain, melainkan harus belajar dari kesalahan.

Indikator Negara Maju dan Makmur

Presiden Jokowi dan Menteri Bappenas bulan Juni 2023 lalu menjabarkannya dengan detail dalam Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Dalam RPJPN Indonesia Emas ada 5 indikator yang harus dicapai pada tahun, atau sebelum tahun 2045:
Pendapatan per kapita setara negara maju.
Kemiskinan menuju 0% dan ketimpangan berkurang.
Kepemimpinan dan pengaruh dunia internasional meningkat.
Daya saing sumber daya manusia meningkat.
Intensitas Gas Rumah Kaca (GRK) menurun menuju Net Zero Emissions (nol emisi GRK).

Saya sepakat sepenuhnya dengan 5 target yang telah disusun ini. Menurut saya inilah sasaran yang harus kita tuju. Seluruh energi, pemikiran, dan sumber daya bangsa Indonesia harus kita arahkan untuk mencapai 5 target ini.

Syarat Mencapai Maju dan Makmur

Kita sebagai bangsa harus segera capai pertumbuhan ekonomi agresif, atau pertumbuhan di atas angka 6-7% bahkan setelahnya pertumbuhan 10% secara berkelanjutan. Karena hanya dengan pertumbuhan dua digit selama 10 tahun berturut-turut, yang diawali dengan pertumbuhan rata-rata 6-7% selama 5 tahun, Indonesia bisa keluar dari suatu kondisi yang dinamakan middle income trap. Middle income trap adalah kondisi dimana suatu negara menengah akan terus menjadi negara menengah. Jika pertumbuhan ekonomi kita hanya di kisaran 4% atau 5%, sulit bagi kita untuk berhasil jadi negara maju dan makmur. Indonesia harus segera lepas landas mengejar kemajuan.

Sumber: Prabowo Subianto – Cita-Cita Indonesia Maju dan Makmur 2045
[Diakses pada 12 April 2023]