Kajiannya Masih Berlanjut: Harap Sabar! KA Cepat Tembus Kota Bandung dengan Kecepatan Whoosh

by -119 Views
Kajiannya Masih Berlanjut: Harap Sabar! KA Cepat Tembus Kota Bandung dengan Kecepatan Whoosh

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh direncanakan akan diperpanjang hingga daerah Kopo, dekat Kota Bandung, Jawa Barat. Saat ini, titik akhir Kereta Cepat Whoosh berada di Stasiun Tegalluar di Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Untuk mencapai Kota Bandung, penumpang Kereta Cepat Whoosh harus melakukan transit di Stasiun Padalarang dan berpindah ke kereta feeder yang disediakan KAI menuju Stasiun Hall, Bandung.

Kementerian Perhubungan telah menerima usulan tersebut. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, menyatakan bahwa pihaknya sedang mengevaluasi usulan tersebut.

“Masih kami kaji. Ini kan kereta cepat, kalau kereta cepat berhenti jarak pendek kan jadi tidak cepat,” kata Risal.

Kopo merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Bandung melalui jalan tol, selain Pasteur dan Koja. Risal juga mempertimbangkan lokasi stasiun kereta cepat nantinya berada di dekat pintu tol.

Meskipun demikian, Risal menegaskan perlunya evaluasi lebih lanjut. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga menyebut kemungkinan penambahan stasiun kereta cepat hingga daerah Kopo, Kota Bandung.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengungkapkan bahwa usulan pengembangan stasiun kereta api cepat di daerah Kopo sudah menjadi pertimbangan, namun masih terkendala oleh keterbatasan pendanaan dan izin penggunaan lahan.

Plt Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi, Rifky Setiawan, juga menyatakan perlunya kajian lebih lanjut terkait pembangunan stasiun di Kopo. Saat ini, fokus pendanaan dilakukan terhadap 4 stasiun yang sudah beroperasi yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Jika diperlukan stasiun tambahan, Kemenkomarves akan menyoroti dari sisi pendanaan.