Hore! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Hanya 7,5 Menit Mulai Bulan Desember

by -115 Views
Hore! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Hanya 7,5 Menit Mulai Bulan Desember

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memastikan bahwa mulai 1 Desember 2023, operasional LRT Jabodebek akan kembali normal dengan mengoperasikan 16 rangkaian kereta atau trainset. Jumlah ini bertambah dari yang saat ini beroperasi sebanyak 12 trainset.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, mengatakan bahwa dengan bertambahnya trainset LRT Jabodebek yang beroperasi, maka akan semakin memperkecil waktu tunggu kedatangan kereta (headway).

Risal juga mengatakan bahwa dengan 16 trainset yang dioperasikan, maka headway menjadi 7,5 menit sampai dengan 15 menit.

“Iya, InsyaAllah 16 trainset mulai 1 Desember 2023. Headway jadi 15 menit sampai dengan 7,5 menit,” ujar Risal kepada CNBC Indonesia, Senin (27/11/2023).

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero), Joni Martinus, juga mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar pada bulan Desember 2023, trainset LRT Jabodebek yang beroperasi sudah bisa mencapai 16 trainset.

Joni juga menyampaikan bahwa semakin banyaknya trainset yang beroperasi akan semakin mempercepat headway. Saat ini, headway Jatimulya-Cawang Cikoko pulang pergi (PP) dan Harjamukti – Cawang Cikoko (PP) adalah 18 menit. Sementara headway Cawang Cikoko – Dukuh Atas yakni 9 menit.

“Saat ini LRT Jabodebek yang beroperasi sudah 12 trainset, KAI bersama stakeholders terus mengupayakan headway menuju normal,” pungkasnya.