Hasil Survei Menunjukkan Capres Prabowo-Gibran Lebih Unggul daripada Ganjar-Mahfud & Amin

by -119 Views
Hasil Survei Menunjukkan Capres Prabowo-Gibran Lebih Unggul daripada Ganjar-Mahfud & Amin

Hasil survei Indo Barometer menunjukkan bahwa pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka unggul dalam survei yang dirilis pada Sabtu, 11 November 2023. Elektabilitas pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) mencapai 34,2%, sementara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki elektabilitas 26,2%. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias ‘Cak Imin’ berada di posisi terakhir dengan elektabilitas 18,3%. Hasil ini didapat dari survei yang melibatkan 1.230 responden dengan margin of error sebesar 2.79%. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Dalam simulasi capres, Prabowo menduduki urutan teratas dengan elektabilitas 35,8%, disusul oleh Ganjar dengan 26% dan Anies dengan 18,5%. Dalam simulasi head-to-head atau duel dengan dua capres lain, Prabowo unggul dalam elektabilitas saat melawan Ganjar (40,6% vs 27,5%) dan Anies (45,3% vs 20,7%). Sementara itu, Ganjar unggul dalam elektabilitas saat melawan Anies (35,2% vs 23,2%).

Menurut peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho, publik menilai Prabowo memiliki keunggulan dalam kepemimpinan, kejujuran, kebersihan, dan wibawa. Ganjar dinilai unggul dalam hal kecerdasan, perhatian terhadap rakyat, dan pengalaman, sementara Anies dipandang unggul dalam ketaatan beragama.

Hasil survei Indo Barometer sejalan dengan survei yang digelar Poltracking Indonesia yang juga menunjukkan bahwa pasangan Prabowo dan Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas 40,2%.