Capres-Cawapres Bersiap untuk Bertukar Gagasan di Sarasehan 100 Ekonom tahun 2023

by -117 Views
Capres-Cawapres Bersiap untuk Bertukar Gagasan di Sarasehan 100 Ekonom tahun 2023

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia akan segera mengadakan pesta demokrasi untuk periode masa jabatan 2024-2029. Para calon presiden dan calon wakil presiden akan mempromosikan diri mereka melalui visi dan misi mereka demi mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia.

Tidaklah mudah menjadi presiden Indonesia ke-8 untuk mengoptimalkan bonus demografi menuju Indonesia emas 2045. Terlebih dengan adanya isu krisis pangan, energi, dan ketidakpastian geopolitik, serta masih terjadi kejahatan perang terhadap Ukraina dan Palestina.

Di sisi lain, Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPN) 2025-2045 memiliki target untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 30.300 pada tahun 2045. Ada tiga hal pokok yang menjadi acuan dalam pembangunan Indonesia, yaitu stabilitas bangsa yang terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Urgensi menjadikan Pemilihan Presiden 2023 sebagai sarana adu gagasan dan rencana pembangunan antara para calon presiden sangat penting. Terutama dengan adanya para ekonom yang kompeten dalam memahami masalah, melakukan kajian secara komprehensif, dan memiliki opsi solusi.

Untuk mengawal keberlangsungan pesta demokrasi pada tahun 2024 mendatang, CNBC Indonesia bekerja sama dengan Institute for Development of Economics of Finance (INDEF) akan mengadakan Sarasehan 100 Ekonom 2023 di Ballroom Menara Bank Mega lantai 3 pada Rabu, 8 November 2023. Acara ini mengusung tema “Akselerasi Menuju Ekonomi Indonesia yang Hijau, Inklusif, dan Unggul”, dan akan dihadiri oleh para calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024.

Tujuan dari Sarasehan 100 Ekonom 2023 adalah untuk mendorong pemilihan presiden yang didasarkan pada gagasan dan program yang nyata memberikan manfaat bagi rakyat. Forum ini juga menjadi ajang adu gagasan dalam bidang ekonomi dan pembangunan antara para calon presiden sehingga masyarakat dapat mengetahui pemikiran dan rencana yang akan dilaksanakan oleh para pemimpin Indonesia periode 2024-2029.