Jokowi Meninjau Rumah Sakit di IKN, Setelah Diresmikan Sudah Ada Pasien

by -119 Views
Jokowi Meninjau Rumah Sakit di IKN, Setelah Diresmikan Sudah Ada Pasien

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah sakit Hermina di Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). Jokowi menyebut rumah sakit ini memiliki interior kelas hotel bintang 5.

“Tadi saya di dalam melihat rumah sakit Hermina ini memang memiliki desain memiliki interior yang beda dari rumah sakit yang pernah saya lihat, seperti hotel bintang 5,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengapresiasi rumah sakit yang dibangun dalam kurun waktu hanya 10 bulan. Bahkan saat ini sudah beroperasi dan memiliki 3 pasien.

“Dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 10 bulan dan sekarang bisa operasional menerima pasien sudah siap karena di dalam sudah ada 3 pasien yang dirawat,” katanya.

Sehingga menurutnya ini akan memberikan kepercayaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dipindahkan ke IKN dalam waktu dekat.

“Karena memang apartemennya sudah siap kantornya sedikit lagi di November akan siap, sehingga begitu kami geser dari Jakarta ke IKN fasilitas-fasilitas yang biasa ditanyakan oleh mereka adalah “pak kalo anak kami sakit ada RS nya?” saya sekarang bisa jawab ada, yaitu RS Hermina Nusantara,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu Jokowi juga meminta agar pembangunan sekolah di IKN untuk dipercepat.

Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk dr Hasmoro, mengatakan ini merupakan komitmen Hermina Grup untuk mendukung program pemerintah.

Menurutnya rumah sakit Nusantara dibangun di IKN merupakan rumah sakit dengan bangunan bertaraf internasional yang pertama bagi grup Hermina.

Adapun bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 20.700 meter persegi, Luas bangunan master plan 28.210 meter persegi. Dengan kapasitas 200 tempat tidur.

“Saat ini telah selesai bangunan 5 lantai Yang akan dilanjutkan bertahap master plan 8 lantai Dan saat ini baru kami buka 50 tempat tidur Dan setelah grand opening akan kami lanjutkan pembangunan untuk mencapai 100 tempat tidur di awal tahun 2025,” kata Hasmoro.

Rumah sakit ini juga dibangun dengan anggaran untuk master plan sebesar Rp650 miliar, yang saat ini sudah terserap Rp500 miliar.

“Rumah sakit Hermina nusantara didirikan juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Dan ungkapan terima kasih kepada pemerintah karena dalam 10 tahun terakhir ini Mulai dari akhir tahun 2014 sampai akhir tahun 2024 jumlah rumah sakit Hermina telah tumbuh dari 21 rumah sakit menjadi 51 rumah sakit,” terangnya.