Penyegaran Nomor HP dan Penambahan Saldo Nasabah di ATM BRI

by -139 Views
Penyegaran Nomor HP dan Penambahan Saldo Nasabah di ATM BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memberikan penghargaan kepada nasabah yang melakukan pembaruan data dengan hadiah menarik berupa tambahan saldo. Nasabah akan mendapatkan tambahan saldo sebesar Rp 25 ribu untuk 1.000 orang pertama yang berhasil melakukan update nomor handphone di ATM/CRM setiap bulannya. Periode program ini dimulai dari 8 Oktober 2023 – 31 Desember 2023 dengan tambahan saldo diberikan maksimal setiap tanggal 10 di bulan berikutnya.

Hal ini dilakukan oleh BRI sebagai bentuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi keuangan. Nasabah bank juga direkomendasikan untuk melakukan update data pribadi secara berkala. Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, meyakini dengan apresiasi tersebut, nasabah akan lebih disiplin dalam memperbarui data pribadinya. Harapannya, hal ini dapat mengurangi kejahatan digital perbankan.

“BRI terus berkomitmen memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap nasabah melalui program-program yang bersifat customer-centricity. Reward yang diberikan juga merupakan apresiasi atas partisipasi aktif para nasabah,” kata Handayani.

Saat ini, kejahatan digital dengan memanfaatkan data pribadi pengguna layanan masih sering terjadi. Termasuk juga kejahatan yang menyerang nasabah perbankan dengan modus social engineering, phising, dan lain-lain. Oleh karena itu, ada risiko jika nasabah tidak memperbarui data pribadinya, termasuk nomor handphone yang terdaftar di rekening bank. Misalnya, jika nasabah berganti nomor, nomor lama yang tidak aktif dapat diperjualbelikan oleh operator telekomunikasi dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga risiko penyalahgunaan ada.

Adapun cara untuk mengupdate nomor handphone di ATM/CRM BRI adalah sebagai berikut:
1. Masukkan Kartu Debit BRI di ATM/CRM BRI
2. Masukkan Pin Kartu Debit BRI
3. Pilih Menu Transaksi
4. Akan muncul layar permintaan update nomor HP bagi nasabah terpilih
5. Masukkan nomor HP di layar ATM/CRM BRI
6. Pilih Menu Transaksi Kembali
7. Setelah transaksi, nasabah akan menerima WA/SMS notifikasi resmi dari BRI
8. Segera lakukan konfirmasi melalui WA/SMS notifikasi yang diterima.

Dengan melakukan pembaruan data, nasabah diharapkan dapat memperbarui informasi pribadi mereka dan mengurangi risiko kejahatan digital perbankan.