Untuk mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidaklah mudah, terutama di masa sekarang. Menurut Harsha Rodrigues, Head of Regional Client Services di Women’s World Banking, UMKM perlu melakukan penyesuaian untuk mencapai pasar yang lebih luas, terutama melalui pemanfaatan teknologi digital. Rodrigues mengatakan bahwa keyakinan dalam sistem digital sangat penting bagi UMKM untuk terus berkembang.
Selain teknologi digital, pemahaman tentang keuangan juga merupakan hal yang krusial bagi UMKM. Hal ini karena dukungan dari lembaga keuangan sangat diperlukan untuk mendanai bisnis UMKM. Menurut Rodrigues, keberhasilan dalam mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan seperti perbankan sangat bergantung pada data keuangan yang akurat.
Albert Francis Park, Chief Economics Asian Development Bank, juga mengungkapkan pentingnya teknologi digital dalam mendukung perkembangan UMKM. Dikatakannya bahwa UMKM bisa dengan mudah memperluas jangkauan pelanggan, bahkan hingga ke pasar ekspor, melalui pemanfaatan platform digital.
Dalam acara BRI Microfinance Outlook 2025 di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, berbagai narasumber terkemuka dunia memberikan wawasan terkait dengan pengembangan UMKM. Komitmen BRI dalam mendukung UMKM juga terlihat dari penyebaran kredit sebesar Rp1.106 triliun untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM.