Indonesia Mencoba Memikat Prancis untuk Menemukan ‘Harta Karun Langka’ di Grobogan Jawa Tengah

by -21 Views
Indonesia Mencoba Memikat Prancis untuk Menemukan ‘Harta Karun Langka’ di Grobogan Jawa Tengah

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan perusahaan Prancis, PT Eramet Indonesia Mining, untuk mengeksplorasi potensi lithium di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Lithium merupakan mineral kritis yang penting dalam pembuatan baterai kendaraan listrik. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan studi dan eksplorasi mineral strategis di Indonesia.

Kepala PSDMBP, Agung Pribadi, menyatakan bahwa penyelidikan di Grobogan merupakan kelanjutan dari studi awal mengenai potensi lithium brine yang dimulai pada tahun 2023 di kawasan Bledug Kuwu, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut melibatkan metode geofisika dan geokimia, dengan keterlibatan PSDMBP dan Eramet dalam penggunaan peralatan dan teknik yang berbeda. PSDMBP akan menggunakan metode seperti gravity, ground magnetic, dan magnetotelluric, sementara Eramet akan menerapkan teknik seperti geolistrik, self-potential, dan passive seismic.

Pihak PSDMBP telah melakukan persiapan teknis sejak Agustus 2024 dan akan mengurus perizinan serta sosialisasi kepada pemerintah setempat pada 21 Oktober 2024. Selain itu, tim PSDMBP akan melakukan pengambilan sampel air brine untuk dianalisis lebih lanjut di laboratorium.

Sebagai bagian dari implementasi kerja sama, delegasi dari Badan Geologi dan PSDMBP akan mengunjungi fasilitas R&D Eramet di Paris, Prancis, pada awal Desember 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari teknologi ekstraksi litium dari geothermal brine yang dikembangkan oleh Eramet dan memperkuat transfer pengetahuan dalam pengembangan industri mineral kritis di Indonesia.