AS Turun Tangan dan Kirim Pasukan setelah Iron Dome Jebol

by -29 Views
AS Turun Tangan dan Kirim Pasukan setelah Iron Dome Jebol

Perkembangan Terbaru Perang Israel di Timur Tengah

Perang antara Israel dan Hizbullah telah meluas dari Gaza ke Lebanon. Kelompok Hizbullah yang didukung oleh Iran telah kembali menyerang barak militer Israel dengan roket pada Senin (14/10/2024). Ini merupakan serangan terbaru setelah serangan pesawat nirawak (drone) di pangkalan militer Israel sehari sebelumnya. Berikut perkembangan terbaru terkait situasi di wilayah Timur Tengah:

1. Serangan Hizbullah di Lebanon: Milisi Hizbullah di Lebanon kembali menyerang barak militer Israel pada Senin (14/10/2024) setelah serangan sehari sebelumnya. Militer Israel berhasil mencegat beberapa proyektil yang ditembakkan dari Lebanon, dan sirene berbunyi di beberapa wilayah tengah Israel. Sebelumnya, dalam serangan Hizbullah sehari sebelumnya, setidaknya empat tentara Israel tewas dan 60 lainnya terluka.

2. Serangan Proyektil di Karmiel: Polisi Israel menerima laporan mengenai dampak proyektil di daerah Karmiel dan sekitarnya di Israel utara. Insiden tersebut telah menyebabkan kerusakan properti dan diperkirakan ada korban di tempat kejadian. Namun, belum ada informasi lebih lanjut terkait dengan serangan tersebut.

3. Israel Serang Aitou di Lebanon: Israel terus memperluas target serangan ke Lebanon, dengan serangan udara di Aitou yang menewaskan setidaknya 21 orang. Serangan ini menargetkan sebuah rumah yang disewa oleh keluarga pengungsi, dan menyebabkan kerusakan yang signifikan. Israel juga memerintahkan evakuasi warga dari 25 desa di selatan Lebanon menuju daerah utara Sungai Awali.

4. Penemuan Terowongan Hizbullah: Militer Israel menemukan terowongan Hizbullah di Lebanon Selatan, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Terowongan tersebut digunakan sebagai tempat persembunyian oleh anggota Hizbullah, dan beberapa anggota berhasil ditangkap di dalamnya.

5. Klaim Tewasnya Komandan Hizbullah: Militer Israel mengklaim bahwa komandan sistem antitank dari Pasukan Radwan Hizbullah, Muhammad Kamal Naim, tewas dalam serangan udara. Tidak ada korban dalam serangan roket terbaru dari Lebanon, dengan beberapa proyektil berhasil dicegat.

6. Serangan Hamas di Rafah: Sayap bersenjata Hamas, Brigade Qassam, mengklaim telah membunuh tentara Israel dan melukai lainnya dalam serangan di Rafah. Mereka juga menyerang dua tank Merkava Israel dengan roket Yassin.

7. Pertemuan Iran-Houthi Yaman: Iran mengadakan pertemuan dengan milisi Houthi di Yaman di Muscat, Oman. Pertemuan tersebut merupakan kunjungan diplomatik terbaru Iran di Timur Tengah, setelah Israel bersumpah untuk membalas serangan rudal Iran. Isi pertemuan tersebut belum diungkapkan.

Demikianlah perkembangan terbaru terkait perang di Timur Tengah, di mana konflik terus berlanjut antara Israel dan kelompok-kelompok bersenjata di wilayah tersebut. Semoga situasi dapat segera mereda dan perdamaian dapat tercapai di kawasan yang terus dilanda konflik tersebut. (luc/luc)