Biden Siap Umumkan Rencana Baru Operasi Militer Quad menjelang Lengser

by -882 Views
Biden Siap Umumkan Rencana Baru Operasi Militer Quad menjelang Lengser

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikabarkan akan mengumumkan inisiatif baru operasi keamanan di Samudera Hindia bersama Australia, India, dan Jepang. Ini dilakukan menjelang masa kepemimpinan Biden sebagai Presiden AS yang akan segera berakhir. Biden juga akan menjamu mitra Quad-nya sebelum lengser, dengan penggantinya tergantung pada hasil Pemilihan tanggal 5 November 2024 mendatang.

Quad (Quadrilateral Security Dialogue / QSD / Dialog Keamanan Kuadrilateral) terdiri dari AS, Jepang, Australia, dan India, dan dibentuk sebagai respons terhadap kekhawatiran akan China. Biden akan menyambut Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan empat arah di Wilmington untuk menguatkan hubungan Quad.

Para pejabat pemerintahan Biden mengungkapkan bahwa para pemimpin Quad akan mengumumkan rencana perluasan kemitraan Indo-Pasifik untuk kesadaran domain maritim, termasuk di wilayah Samudera Hindia. Keempat negara tersebut akan menyatakan rencana untuk operasi penjaga pantai bersama, di mana pasukan Australia, Jepang, dan India akan beroperasi di kapal penjaga pantai AS. Mereka juga akan meningkatkan kerja sama logistik militer.

Adapun tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk meningkatkan upaya menyediakan teknologi penting dan keamanan, serta untuk menyatukan langkah dalam menghadapi China. Biden menjadi tuan rumah pertemuan Quad sebagai bagian dari upaya untuk meneguhkan badan tersebut sebelum masa jabatannya berakhir. Ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan keseragaman strategis antara anggota Quad dan komitmen mereka terhadap keamanan di Indo-Pasifik.