Fasilitas yang Didapatkan oleh PNS Berkeluarga yang Mendapatkan 1 Unit Hunian di IKN

by -33 Views
Fasilitas yang Didapatkan oleh PNS Berkeluarga yang Mendapatkan 1 Unit Hunian di IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan peninjauan kamar tinggal di salah satu tower hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, 13 September 2024.

Peninjauan dilakukan setelah menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, serta para menteri dan kepala lembaga dari Kabinet Indonesia Maju.

Anas menyampaikan bahwa hunian yang disediakan untuk ASN sangat nyaman dan diharapkan dapat mendukung kinerja ASN yang akan ditugaskan di IKN. Hunian tersebut ditujukan bagi ASN beserta keluarganya.

Setiap unit hunian ASN di IKN memiliki 1 kamar mandi dan 3 kamar, di antaranya 1 kamar utama dilengkapi dengan kamar mandi. Terdapat juga ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang cuci piring. Selain itu, hunian dilengkapi dengan sistem smart home, di mana ASN dapat masuk ke kamar dengan memindai barcode.

Menurut Kementerian PUPR, akan dibangun total 47 tower hunian yang terdiri dari sekitar 2.820 unit hunian. Dari jumlah tersebut, 29 tower atau sekitar 1.740 unit hunian akan ditempati oleh Pegawai ASN pada tahap awal, sementara sisanya akan ditempati oleh prajurit TNI/anggota Polri.

Anas menekankan bahwa hunian ASN yang nyaman dan berlokasi dekat dengan sumbu kebangsaan IKN dapat dimanfaatkan oleh ASN untuk berolahraga atau berjalan kaki menuju pusat perkantoran. Saat ini, sudah ada 560 unit yang siap huni, dan Presiden berharap sistemnya terintegrasi dengan sistem digital dan memiliki kualitas yang baik untuk ASN.