Per 1 September 2024, BBM Baru Akan Tersedia di SPBU di Daerah Ini

by -62 Views
Per 1 September 2024, BBM Baru Akan Tersedia di SPBU di Daerah Ini

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menegaskan bahwa produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru, yaitu BBM rendah sulfur, sudah siap untuk dijual. Namun, penjualan BBM rendah sulfur ini belum dilakukan secara nasional, melainkan hanya di wilayah tertentu, terutama di Jawa Barat bagian Utara.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menyatakan bahwa BBM baru jenis Solar tersebut sudah dipersiapkan untuk produksi. Produksi BBM Solar baru tersebut hanya cukup untuk wilayah Jawa Barat bagian Utara. Hal ini juga dipertimbangkan karena infrastruktur untuk memproduksi BBM baru tersebut baru tersedia di Kilang milik Pertamina di Balongan, Jawa Barat.

Dadan belum dapat memastikan jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan menyalurkan BBM baru dan volume yang akan disalurkan. Namun, penyaluran BBM baru akan difokuskan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pemerintah berupaya memproduksi BBM rendah sulfur baru untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Fokusnya adalah mengurangi polusi udara yang sudah cukup signifikan di wilayah tersebut.