Deflasi Terjadi di 32 Provinsi Indonesia, Sumatera Barat Mengalami Penurunan Harga yang Paling Besar!

by -92 Views
Deflasi Terjadi di 32 Provinsi Indonesia, Sumatera Barat Mengalami Penurunan Harga yang Paling Besar!

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa deflasi terjadi hampir merata di 32 provinsi Indonesia pada bulan Juli 2024. Sebaliknya, inflasi hanya terjadi di 6 provinsi.

“Sebanyak 32 dari 38 provinsi mengalami deflasi, sedangkan 6 lainnya mengalami inflasi,” kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti, Kamis, (1/8/2024).

Amalia menyebut deflasi terdalam terjadi di Sumatera Barat dengan tingkat 1,07% secara bulanan. Sementara itu, inflasi tertinggi terjadi di Papua Barat Daya, yakni 0,25% mtm.

Selain Papua Barat Daya, 5 provinsi lain yang mengalami inflasi adalah Papua Barat, Papua Tengah, Bali, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Di luar itu, provinsi-provinsi lain di Indonesia mengalami deflasi secara bulanan.

Secara umum, BPS mencatat bahwa Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,18% mtm pada bulan Juli 2024. Namun, secara tahunan, Indonesia mengalami inflasi sebesar 2,13%.

Deflasi telah terjadi selama 3 bulan berturut-turut, dengan penurunan harga-harga volatile food seperti bawang merah, cabai merah, tomat, dan daging ayam.

(rsa/mij)