Himbara Bergabung sebagai Mitra Pengelola Batu Bara

by -48 Views
Himbara Bergabung sebagai Mitra Pengelola Batu Bara

Ketua Indonesia Mining & Energy Forum (IMEF), Singgih Widagdo, mengatakan bahwa penunjukan Bank Himbara sebagai Mitra Instansi Pengelola (MIP) yang bertugas memungut iuran batu bara perusahaan tambang memiliki posisi strategis. Masalah terbesar dalam hal pengelolaan keuangan dapat diselesaikan dengan baik melalui mekanisme pungutan dan penyaluran yang membutuhkan pengalaman manajemen keuangan. Singgih berpendapat bahwa kehadiran Himbara sebagai MIP adalah langkah yang tepat mengingat skema ini melibatkan dana dalam jumlah besar.

Singgih yakin bahwa kehadiran Himbara sebagai MIP akan memberikan dampak positif yang signifikan. Sementara itu, urusan teknis lainnya dapat diatur oleh Kementerian ESDM, termasuk dalam hal faktur dan kualitas batu bara. Singgih mendorong agar skema iuran batu bara perusahaan tambang melalui MIP bisa segera dilaksanakan untuk memastikan pasokan batu bara domestik terjamin, terutama untuk kebutuhan kelistrikan nasional.

Kementerian ESDM telah menyatakan kesiapannya untuk menjalankan skema ini dan pengelolaan dana kompensasi batu bara melalui MIP dimulai pada Januari 2024. Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut bahwa Bank Himbara akan ditunjuk sebagai MIP yang bertugas dalam hal ini.

Referensi: https://cnbcindonesia.com/news/20240723202900-8-557069/warga-ri-tak-perlu-lapor-spt-lagi-hingga-pendiri-kakao-corp-ditangkap