Prabowo-Gibran Team Coordinate Best Nutritious Free Meals as Approved by Nutrition Professionals

by -53 Views
Prabowo-Gibran Team Coordinate Best Nutritious Free Meals as Approved by Nutrition Professionals

Jakarta – Hasan Nasbi, anggota Divisi Komunikasi Tim Sinkronisasi Prabowo-Gibran, menekankan bahwa rumor tentang pemotongan anggaran untuk makanan bergizi gratis bagi siswa sekolah menjadi Rp 7.500 per anak hanyalah isu belaka dan bukanlah pernyataan resmi dari tim tersebut.

Rumor awalnya dikembangkan oleh ekonom Heriyanto Irawan dari Verdhana Sekuritas. Heriyanto mengklaim telah berdiskusi dengan tim Prabowo mengenai makanan bergizi gratis ini.

“Itu hanya pernyataan atau mungkin sebuah ide dari ekonom tersebut. Ini bukan pernyataan resmi dari tim,” kata Hasan kepada wartawan pada Jumat (19/7).

Hasan menyatakan bahwa fokus utama Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka adalah menyediakan makanan yang memenuhi standar kecukupan gizi.

“Jadi, langkahnya adalah kecukupan gizi. Kecukupan ini ditentukan oleh para ahli gizi,” jelasnya.

Terkait biaya per anak, Hasan menyebutkan bahwa saat ini ada banyak gagasan dan saran dari berbagai pihak yang sedang direview dengan cermat, dan belum ada angka spesifik yang ditetapkan.

“Semua sedang direview dengan cermat dan diujikan oleh Dewan Pakar. Sampai saat ini, belum ada angka spesifik yang ditetapkan sebagai standar karena tolak ukurnya adalah kecukupan gizi,” katanya.

Hasan menjelaskan bahwa wilayah-wilayah di Indonesia memiliki sumber gizi yang beragam, sehingga menyebabkan menu-menu lokal yang berbeda di tiap daerah. Pemenuhan standar gizi akan disesuaikan dengan ketersediaan bahan makanan dan menu lokal di setiap daerah.

“Di berbagai wilayah, untuk memenuhi standar gizi, jenis menu bervariasi sesuai dengan ketersediaan bahan pangan dan menu lokal di setiap tempat. Harganya, tentu saja, juga akan bervariasi,” jelasnya.

Sebelumnya, Gibran juga angkat bicara mengenai rumor pemotongan anggaran makanan bergizi gratis menjadi Rp 7.500 per anak. Ia menyerukan agar semua orang tidak melaporkan hal-hal yang belum pasti.

“Siapa yang bilang begitu. Tunggu konfirmasi dulu,” kata Gibran pada Kamis (18/7).

“Tunggu saja, jangan melaporkan hal-hal yang belum pasti,” katanya.

Gibran juga menyebutkan bahwa uji coba yang sedang berjalan untuk makanan bergizi gratis menggunakan anggaran sebesar Rp 15.000 per orang.

“Selama ini, uji coba menggunakan Rp 15.000. Tunggu konfirmasinya saja,” jelasnya.

Source link