Nasib Tol Terpanjang di Indonesia dalam Kendali Prabowo

by -51 Views
Nasib Tol Terpanjang di Indonesia dalam Kendali Prabowo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa proyek jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) tetap akan tetap masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol yang akan menjadi yang terpanjang di Indonesia tersebut tetap masuk dalam kategori PSN, meskipun sudah gagal dua kali dalam pelelangan.

“Kalau tol jalan semua, kalau lelangnya itu (belum berhasil) ya ulang aja,” kata Airlangga seperti dikutip oleh CNBC Indonesia pada Jumat, 19 Juli 2024.

Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria PSN yang akan dilanjutkan setelah tahun 2024. Kriteria tersebut meliputi sudah operasional, beroperasi sebagian, sudah dimulai konstruksi dan pembangunan, sudah selesai semua perizinannya, serta sudah financial closing.

Pemerintah sudah mengevaluasi seluruh proyek PSN yang berjumlah sekitar 233 proyek. Dari jumlah tersebut, terdapat 48 proyek jalan tol yang akan dilanjutkan.

Sebelumnya, proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis 108 Km yang merupakan bagian dari mega proyek tol Terpanjang di Indonesia Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) 206 km mengalami kegagalan. Dua konsorsium peserta lelang senilai Rp 37 triliun tidak lolos prakualifikasi.

Konsorsium PT Trans Persada Sejahtera-PT Wiranusantara Bumi dan konsorsium PT Dayamulia Turangga-PT China State Construction Overseas Development Shanghai tidak lulus prakualifikasi untuk proyek tersebut.

Proyek tersebut bisa diajukan sanggahan secara tertulis selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah tanggal pengumuman prakualifikasi.

Referensi: [cnbcindonesia.com](https://cnbcindonesia.com/news/20240711181725-8-553873/video-jelang-akhir-jabatan-kenapa-jokowi-sering-mengeluh)