Membangun Kolaborasi Untuk Kemajuan Indonesia

by -77 Views
Membangun Kolaborasi Untuk Kemajuan Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Sinergi antar pemerintah provinsi sangat penting untuk mendukung proses pembangunan Indonesia. Terdapat banyak tantangan yang membutuhkan solusi cepat dan kolaborasi antar daerah.

Tantangan pembangunan negara perlu diatasi melalui kerja sama yang solid antar pemerintah di tingkat daerah.

Untuk memperkuat sinergi antar daerah dalam pembangunan bangsa, Pemerintah Provinsi Jakarta mengadakan Rapat Kerja Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama 2024 dengan tema “Sinergi Pemerintah Daerah Mitra Praja Utama Dalam Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan dan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan”.

Kerjasama antar pemerintah daerah merupakan isu penting yang harus diperhatikan pemerintah saat ini karena perannya dalam menjaga ketahanan negara. Melihat banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus diatasi melalui kerja sama lintas wilayah administratif.

Setiap daerah memiliki batas wilayah administratif yang ditetapkan secara formal melalui perundangan. Namun, dalam kenyataannya, berbagai masalah dan kepentingan muncul akibat hubungan fungsional di bidang sosial ekonomi yang melintasi batas-batas wilayah administratif.

Diperlukan kerja sama antar pemerintah daerah agar masalah lintas wilayah administratif dapat diselesaikan bersama dan potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) secara rutin menyusun program kerja sama pembangunan daerah 10 provinsi anggotanya. Provinsi-provinsi tersebut meliputi Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

FKD-MPU strategis karena melibatkan 60% jumlah penduduk Indonesia. Forum ini dapat menjadi contoh kerja sama daerah yang menangani masalah yang melibatkan dinas teknis terkait.

Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Ibu Kota Negara, pertumbuhan ekonomi yang inklusif harus diperhatikan dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

Tujuan Rapat Kerja FKD-MPU 2024 adalah memperkuat kerjasama antar 10 Provinsi di Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Ini menjadi platform bagi pemangku kepentingan untuk berdiskusi, bertukar pengalaman, dan merumuskan langkah konkret untuk meningkatkan kerjasama antar Provinsi dalam berbagai isu seperti ketahanan pangan, inflasi, administrasi kependudukan, dan program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Acara ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antar pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan pembangunan di Indonesia, serta meningkatkan daya saing melalui kerja sama antar provinsi. Salah satu strategi pemerintah daerah adalah melalui program kerja sama strategis di berbagai sektor, terutama pengembangan tata kelola pemerintahan.

Untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mengatasi kekurangan pangan termasuk stunting dan malnutrisi di beberapa provinsi, perhatian utama adalah pada strategi ketahanan pangan yang berkelanjutan melalui kerja sama antar provinsi.

CNBC INDONESIA RESEARCH
[email protected]

[Gambas:Video CNBC]

Selanjutnya:
Nasib Pajak Hiburan Kini Tak Jelas, Kewenangan Ada di Pemda

(dpu/dpu)