Puri Agung: Operasi Polri untuk Menjaga Keamanan World Water Forum

by -129 Views
Puri Agung: Operasi Polri untuk Menjaga Keamanan World Water Forum

Kepolisian Republik Indonesia memperkuat pengamanan gelaran World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024. Polri menjalankan Operasi Puri Agung 2024 yang khusus untuk mengamankan forum internasional tersebut.

Karobinops SOPS POLRI Brigjen. Pol. Auliansyah Lubis mengungkapkan, dalam operasi ini, kepolisian membentuk satuan tugas (satgas) yang terbagi dalam satgas preventif, satgas tingkat penegakan hukum, satgas anti teror, satgas humas, dan lainnya.

Operasi Puri Agung 2024 juga membentuk satgas wilayah yang bertugas di wilayah perbatasan dan pintu masuk Bali, yakni dari Polda Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat, untuk memfilter pengunjung yang memasuki Bali selama World Water Forum.

Polri menyiapkan 5.791 personel dari Mabes Polri dan Polda Jajaran. Mabes Polri 2.448 personel, Polda Bali 2.706 personel, Polda Jatim 300 personel, dan Polda NTB 300 personel.

Untuk pola pengamanan, Polri membuat 5 kluster pengamanan yaitu Klaster Sanur, Kuta, Jimbaran, Nusa Dua Selatan, dan Nusa Dua Utara untuk memudahkan pengecekan dan pengendalian situasi.

Kluster-kluster ini akan melakukan pengamanan rute perjalanan dan wilayah sesuai dengan kegiatan delegasi, baik main event maupun side event World Water Forum.

Informasi selengkapnya kunjungi halaman resmi World Water Forum.