Ada 5 Cara Lain yang Digunakan Bank Indonesia untuk Memperkuat Rupiah Selain Menaikkan Suku Bunga

by -90 Views
Ada 5 Cara Lain yang Digunakan Bank Indonesia untuk Memperkuat Rupiah Selain Menaikkan Suku Bunga

Jakarta, CNBC Indonesia- Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan menyampaikan perkembangan stabilitas sistem keuangan (SSK) triwulan I-2024.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memastikan langkah BI dalam memperkuat respon bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah ketidakpastian global.

Seiring dengan meningkatnya risiko global, BI memperkuat bauran kebijakan untuk memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia, khususnya dalam menjaga stabilitas Rupiah, mencegah keluarnya portofolio outflow, serta menjaga likuiditas dalam negeri.

Kebijakan moneter difokuskan pada menjaga stabilitas dan kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, serta program keuangan inklusif hijau diarahkan untuk menjaga dan mendorong momentum pertumbuhan.

Bagaimana strategi BI dalam memperkuat Rupiah dan menjaga SSK? Saksikan Breaking News, CNBC Indonesia (Jumat, 03/05/2024)

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini.