AS memiliki grup baru di Asia yang siap menantang China, ini menakutkan!

by -92 Views
AS memiliki grup baru di Asia yang siap menantang China, ini menakutkan!

Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) beserta sejumlah negara lain bersatu untuk menyerang China. Kali ini terkait tindakan pemerintahan Xi Jinping di Laut China Selatan.

Filipina dan Jepang bersama AS memberikan peringatan terhadap tindakan tersebut. Laut China Selatan diketahui sebagai wilayah yang disengketakan oleh sejumlah negara seperti Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Vietnam.

Selama beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan aktivitasnya di wilayah tersebut, termasuk dengan Filipina. Presiden Ferdinand Marcos memastikan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan balasan terhadap apa yang dilakukan China.

Lokasi perselisihan antara China dan Filipina terletak di Second Thomas Shoal. Para penjaga pantai China dilaporkan menggunakan meriam air pada kapal yang memasok kontingen pelaut yang tinggal di kapal Sierra.

Wilayah tersebut terletak sejauh 200 kilometer dari Palawan di Filipina Barat.

Dalam pernyataan bersama, pemimpin AS, Jepang, dan Filipina mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh China sangat berbahaya. Mereka juga menyatakan kekhawatiran mereka terkait tindakan tersebut.

Mereka juga memperingatkan untuk menghormati hak kedaulatan negara di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Aturan ini juga tercantum dalam Konvensi Hukum Laut PBB tahun 1982.

Sebagai informasi, China mengklaim seluruh wilayah di Laut China Selatan dengan menggunakan sembilan garis putus-putus, namun klaim tersebut telah ditolak oleh Pengadilan Internasional pada tahun 2016.

Artikel Selanjutnya:
Xi-Biden Perkuat Kerja Sama, Kurangi “Ketegangan” AS-China?

(npb/wur)