Perkiraan Daerah dengan Konsumsi BBM Terbesar pada Musim Mudik

by -117 Views
Perkiraan Daerah dengan Konsumsi BBM Terbesar pada Musim Mudik

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) mengungkapkan bahwa wilayah dengan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) terbesar menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri mendatang adalah wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur. Hal itu diungkapkan oleh Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso. Dia mengatakan bahwa tren konsumsi BBM akan berpindah dari hari-hari biasa di wilayah Jabodetabek, dan saat arus mudik Idul Fitri berlangsung, konsumsi BBM akan bergeser ke wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Selain itu, Fadjar juga menyatakan bahwa terdapat peningkatan penggunaan kendaraan mulai dari kereta, bus, mobil pribadi, sepeda motor, dan mobil sewa. Menurut survei yang dikeluarkan pemerintah, terjadi peningkatan sebesar 56% dengan jumlah 193 juta orang. Moda transportasi yang paling banyak digunakan adalah kereta, bus, mobil pribadi, sepeda motor, dan mobil sewa. Tujuan utama perjalanan tersebut adalah ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan 28% di Jabodetabek.

Pertamina telah meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1445 H/2024 M untuk menyambut mudik dan libur Idul Fitri. Seluruh anak usaha Pertamina dari hulu, pengolahan hingga hilir siap menyukseskan Satgas RAFI 2024. Layanan BBM dan LPG di wilayah Regional Jawa Bagian Barat disediakan melalui berbagai fasilitas seperti Fuel Terminal, Terminal LPG, Aviation Fuel Terminal, SPBU, Pertashop, SPBE, agen LPG PSO, agen LPG NPSO, dan Pangkalan LPG PSO.

Untuk mendukung keberlangsungan Satgas RAFI 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat juga menyediakan layanan tambahan berupa SPBU Siaga, Agen Siaga, titik Motorist Siaga, Serambi MyPertamina, dan titik Modular. Selain itu, juga dilakukan antisipasi terhadap kenaikan konsumsi terutama di jalur mudik dan kawasan wisata.

Selama periode Satgas RAFI 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat telah menyiapkan supply point SPBU, mobil tangki yang standby, motorist untuk mengantisipasi kondisi macet, dan lain sebagainya.