Data Real Count Terbaru dari KPU Menunjukkan Suara PSI Belum Mencukupi untuk Masuk ke Senayan

by -91 Views
Data Real Count Terbaru dari KPU Menunjukkan Suara PSI Belum Mencukupi untuk Masuk ke Senayan

Jakarta, CNBC Indonesia – Data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunjukkan bahwa hingga saat ini telah ada 9 partai politik yang lolos dari ambang batas minimal 4% untuk masuk ke Senayan, sementara sisanya belum mencapainya. Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menjadi perhatian.

Berdasarkan data real count terbaru, pada Kamis (22/2/2024) pukul 23.00, dari total 24 partai politik yang ikut serta dalam pemilihan, terdiri dari 18 partai nasional dan 6 partai lokal, hanya 9 partai yang berhasil mencapai ambang batas parlemen sebesar 4%.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berada di peringkat teratas dalam perhitungan suara, diikuti oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih belum menjamin tiket menuju Senayan. Dalam data real count KPU, PSI baru meraih 2,54% suara, jauh di bawah ambang batas parlemen.

Selain PSI, delapan partai lainnya juga berada dalam ancaman tidak lolos, antara lain Partai Perindo, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Buruh. Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Kebangkitan Nusantara juga mendapatkan suara di bawah 4%.

Namun, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) beruntung karena berhasil melewati ambang batas parlemen dengan perolehan suara sebesar 4,05 persen, meskipun sebelumnya diragukan oleh beberapa lembaga survei.

Perlu diingat bahwa hasil real count KPU masih belum final.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Pemilu Tinggal 45 Hari Lagi, Jokowi Semua Harus Siap!

(hsy/hsy)